Tag

, , , , , , , , , ,

ASAL-USUL DESA KENALI

Oleh Agung Prayogo dan Nila Kesuma

Pada zaman dahulu nama Desa Khanji Pasai berubah nama menjadi Desa Kenali. Ini terjadinya setelah agama Islam berkembang cukup pesat di daerah itu. Kenali maksudnya adalah kenalilah diri sendiri terlebih dahulu sebelum mengenal orang lain. Orang yang kenal akan dirinya tentu akan menjadi orang yang bijaksana. Dia akan lebih mudah memahami berbagai sifat orang lain. Dia tidak akan mau menyakiti orang lain karena dia tahu bahwa bila dirinya disakiti diapun tidak menerima perbuatan tersebut.

Ketika itu orang yang mengembangkan agama Islam adalah berasal dari tanah Arab. Namanya adalah UMPU BELUNGUH. Dia singgah pertama kali di negeri Aceh (Kerajaan Pasai). Lalu dia melanjutkan perjalanannya ke Sumatera bagian tengah yaitu tepatnya ke kerajaan Pagarruyung di Sumatera Barat. Sekarang ibu kotanya  adalah Padang. Di negeri ini dia menetap beberapa lama di suatu kampung yang bernama Kinali. Lalu beliaupun meneruskan dakwahnya kearah selatan Sumatera dan berhenti di sebuah kampung yang bernama KHANJI PASAI. Setelah Umpu belunguh tiba di daerah ini dia mulai berdakwah kembali seperti di negeri-negeri lain yang pernah di laluinya.

Pada waktu itu Umpu Belunguh bergabung dengan seorang raja di Khanji Pasai yang bernama BETARA GURU SAKTI.

BETARA GURU SAKTI sudah memeluk agama Islam tetapi belum sempurna. Tentang awal ke Islaman BETARA GURU SAKTI belum ada data yang pasti. Apakah dia belajar Agama Islam dari Ulama Pasai Aceh yang pernah menyebarkan ajaran Islam di negeri Gunung Pesagi (Lampung Barat) atau BETARA GURU SAKTI pernah merantau ke luar daerah dan belajar agama Islam di sana.

BETARA GURU SAKTI dengan bantuan Umpu Belunguh  mulai memperdalam agama Islam  bersama pengikut UMPU BELUNGUH yang berasal dari KEBUAYAN 7. Agama Hindu sebagai agama tertua di Khanji Pasai lama-kelamaan hilang berganti dengan Agama Islam.

Umpu Belunguh tidak hanya mengajarkan Agama Islam tetapi juga mengajar ilmu-ilmu lain yang dibutuhkan masyarakat. Sampai saat ini Agama Islam masih terus berkembang di negeri Khanji Pasai. (sekarang Kenali). Agama Hindu berakhir masa jayanya di Negeri Khanji Pasai bersamaan dengan berakhirnya penyembelihan seorang wanita cantik sebagai persembahan di Batu Kepampang di Tanjung menang yang bertepatan lokasinya saat ini di belakang SD Negeri 1 Belalau Kenali.

Nama Khanji  Pasai kemudian berubah menjadi Kenali. Kenali yang mulanya berasal dari Kinali,yaitu  nama sebuah daerah yang pernah menjadi tempat tinggalnya UMPU BELUNGUH di negeri Pagarruyung. Hingga sekarang nama Kenali masih digunakan orang.

 

Wallahu a’lam.